TAUFIK AKBAR HASIBUAN

Guru Alif alif adalah sebutan untuk para guru yang mengajari baca Tulis Alquran. Belajar untuk terus menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Saat ini akti...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lapran Pane
Bandara Aek Godang

Lapran Pane

Namanya Prof. Lafran Pane (Bandara Aek Godang)

Refleksi Dies Natalis HMI ke 73

Tantangan Menulis Hari Ke 24

#TantanganGurusiana

Diusia yang cukup matang ini, tentunya kader HMI berpikir konstruktif, apalagi mereka yang telah berkiprah didunia kerja, akademisi, politisi, ekonom, ulama terlebih di Birokrasi kepemerintahan. Berkaca dari Suroh Almulk ayat kedua, Jelas disebutkan bahwa yang terbaik itu adalah mereka yang terbaik Amalnya "hasil kerjanya" berdampak positif bagi peradaban ummat Manusia, bukan yang terbanyak kerjanya, nihil hasil, terbanyak anggotannya atau kadernya tapi tidak terorganisir.

Nama menjadi alat pertama untuk mengenali sesuatu, nama menjadi ciri khas dari benda tersebut. Hampir mustahi mencari sesuatu dijagat raya ini, yang tidak punya nama. Meski dengan satu kata atau dengan banyak kata. Nama akan menjadi sesuatu yang sangat di butuhkan untuk mengenali benda tersebut. Bahkan dari nama tersebut bisa dikenali sifat dan karakter suatu benda, tidak jarang hanya dengan menyebutkan namanya saja terkadang bisa membuat bulu merinding. Bahkan, dengan menyebutkan namanya akan semakin tenang jiwa. "Ingatlah! bahwa dengan mengingat Nama Allah jiwa akan tenang" (Al quran)

Bagi masyarakat Tabagsel, Bandara Aek Godang sudah dikenal sejak lama. Menjadi salah satu ikon kebanggaan Tapanuli selatan dahulunya, namun setelah pemekaran berada dalam wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara, namun masih menjadi aset dari pemda Tapanuli Selatan. Bandara Aek Godang adalah salah satu dari delapan bandara yang ada di Sumatra Utara, selain, Bandara Polonia (MES, Kode IATA) yang kini menjadi landasan Pacuan militer angkatan udara. Sudah direlokasi ke Kuala Namu yang masuk kategori bandara kelas satu dengan status bandara internasional dibawah naungan PT Angkasa Pura II (persero). Enam bandara lainnya hanya dikategorikan sebagai bandara perintis, yang berada dibawah kendali UPT Dirjen Pehubungan (sekelas perum). Bandara Aek Godang (AEG) bersama dengan Bandara Pinangsori (SIX) di Tapanuli Tengah dan Bandara Binaka (GNI) di Nias saat ini dikategorikan sebagai bandara kelas tiga.

Bandara Aek Godang lokasinya dijalan lintas Aek Godang-Pasar Matanggor Km 1,5 Desa Janji Manahan, Kecamatan Hulu Sihapas, Kabupaten Padang Lawas Utara. Jarak tempuh dari Kota Padang Sidempuan sejauh 30 Km. Posisi bandara ini berada di koordinat 01° 24' 00,37" LU dan 99° 25' 49,62" BT dengan elevasi 281 M di atas permukaan laut (MSL). Selain sebagai bandara udara, juga menjadi objek wisata bagi sebagian masyarakat disekitar Kabupaten Padang Lawas Utara, meski dibuka untuk umum pada waktu tertentu.

Pembangunan bandara dimulai pada tahun 1978, semasa Gubernur Sumatra Utara dijabat Marah Halim Harahap. Panjang landasan pacu (runway) sepanjang 1.400 M dengan lebar 23 M terbuat dari aspal (bandingkan dengan Bandara Pinang Sori (1750x30 meter). Terminal domestik seluas 200 M2. sehingga Bandara ini belum bisa digunakan untuk pesawat berukuran besar. Kedepan Pemkab Paluta/Tapsel harus mempersiapkan Lapangan yang bisa menampung pesawat yang berbadan besar.

Baru baru ini pemkab Tapanuli selatan memberikan usulan untuk penggantian nama dari bandara udara ini, Dari bandar Udara Aek Godang diganti menjadi Bandara Prof. Lafran Pane. Meskipun bukan lagi masuk dalam wilayah Tapanulil Selatan. Prof. Lafran Pane Seorang Pahlawan Nasional yang berasal dari Tapanuli selatan. Sebagai penghargaan atas jasa baiknya bagi NKRI ini. Bahkan hingga saat ini, organisasi yang beliau dirikan tetap eksis dikalangan Mahasiswa seluruh Indonesia. Bisa dipastikan diseluruh kabupaten/ kota HMI sudah kokoh berdiri hampir diseluruh kabupaten Kota se Indonesia.

Maka ini sinyal baik, persoalannya apakah kader HMI/KAHMI berniat untuk merealisasikannya? Kembali kepada mereka yang mengenang sejarah organisasinya. Mereka yang duduk di birokrasi, politisi,akademisi,ekonom. Menunggu gebrakan mereka.

Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Lafran paneDidekat rumah bot di sipirok perputakaannya, sayang belum sempat mengunjunginya.

07 Feb
Balas

Sekali sekali perlu kesana. Heee

07 Feb

Harusnya bot,, akan diusahakan..

07 Feb

Semoga bandaranya bisa naik kelas

07 Feb
Balas
search